Bonsai Eksotis dari Taiwan

Tanaman yang satu ini sering digunakan sebagai ground cover oleh pembuat taman bunga karena daun yang kecil bergerumbul begitu cocok untuk menutupi area tanah layaknya rumput, sehingga tidak jarang digunakan sebagai pengganti atau kolaborasi dengan rumput untuk memperindah tampilan taman kita. Tanaman ini dikenal dengan nama Taiwan Beauty atau dalam bahasa latin disebut Cuphea hyssopifolia H.B.K dengan Klasifikasi:

Kingdom: Plantae (Tumbuhan), Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh), Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji), Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga), Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil), Sub Kelas: Rosidae, Ordo: Myrtales, Famili: Lythraceae, Genus: Cuphea, Spesies: Cuphea hyssopifolia H.B.K.
Apa jadinya apabila tanaman ini tumbuh membesar seiring dengan waktu??, pasti merepotkan dan kerap dianggap mengganggu tata letak dan keindahan lokasi taman kita lihat gambar:


Taiwan Liar
Namun disuatu lokasi penghasil bunga dikawasan puncak prigen, tanaman taiwan yang satu diubah menjadi barang yang mempunyai nilai jual lebih, dengan mengubahnya menjadi sebuah bonsai yang eksotis tak ubahnya bonsai-bonsai yang berumur ribuan tahun dari negri penghasil gingseng. lewat tangan trampil petani yang satu ini tanaman tersebut menjadi tanaman yang sangat dicari oleh para pembeli sampai-sampai petani kualahan untuk memenuhi permintaan pasar yang begitu besar.
Untuk menghasilkan bonsai yang bagus, tanaman ini melalui bebagai proces mulai dari pemilihan tanaman, media tanam, alat pembentuk dan ide pembentukan yang maksimal. Meskipun kelihatannya cukup rumit namun sebenarnya pembuatan bonsai tersebut sangatlah sederhana dengan mengandalkan insting dan seni yang didapatkan dari pengalaman beliau selama menjadi petani bunga selama kurang lebih 40 TH.
Process

Setelah melalui semua process, tanaman yang kerap dianggap sampah ini diubah menjadi sebuah bonsai yang sangat eksotis, bahkan bagi siapapun yang melihatnya pasti akan terkagum dengan bentuk selain itu harganya yang sangat mudah dijangkau oleh kalangan menengah kebawah untuk ukuran yang standard. namun bosai ini juga layak untuk dijadikan koleksi bagi kolektor yang menyukai bonsai.
Bosai Taiwan yang sudah jadi



Bagaimana??? Kreatif bukan. kita memang membutuhkan orang-orang seperti beliau untuk menjadikan negri ini maju dan mandiri dengan selalu berkreasi dengan segala apa yang dimiliki.


lintasberita

Artikel Lain yang Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

isi comment tentang blog ini

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Blognya Zein | Bloggerized by Kuswanto el-zein - facebook : kuswanto.zein - twitter : kuswanto_zein