Follow us: Subscribe via RSS Feed Connect on YouTube Connect on YouTube

Memanfaatkan HP untuk Koneksi Internet dengan PC atau Laptop



Kini banyak sarana untuk koneksi Internet misalnya memakai system koneksi broadband, modem biasa, modem adsl, bluetooth dll.
Pada umumnya pihak penghubung ke jaringan internet (Telkom-Indosat-Xl, dll) memiliki dua sistem perhitungan pulsa yaitu :

Berdasarkan jumlah pemakaian (Upload dan download data (volume base))
Berdasarkan waktu on line (time base)
Unlimited (artinya tidak tergantung keduanya alias bebas mau pake seharian atau hanya satu menit biaya sama)
TelkomSel menyediakan unlimited dengan biaya cukup murah berdasarkan kecepatan bandwith yang kita pilih. Jika melihat tabel harga yang disediakan yaitu termurah Rp.125 rb perbulan (kartu Hallo) tentu lebih murah dari pada speedy karena biaya termurah dengan time base (50 jam perbulan ) sebesar Rp.200 rb ! (saya belum pernah coba)

Sekarang kita mau pilih yang mana ? tergantung kebutuhan dan selera. Masing2 memiliki kekurangan dan kelebihan.
Bagi karyawan perusahaan atau instansi yang menyediakan fasilitas internet, hal ini tidak menjadi masalah karena seluruh biaya tersebut sudah ditanggung oleh instansi atau perusahaan. Bagaimana jika kita ingin berinternet ditempat lain, tentu bagi yang memiliki dana pas2an hal ini menjadi masalah dengan biaya pulsa tersebut.

Pada topik ini saya akan membagi pengalaman saya ber internet dengan koneksi wireless atau koneksi tanpa kabel dengan fasilitas GPRS dari indosat. Dengan fasilitas ini saya dapat berinternet dimanapun sesuai keinginan yang penting ada sinyal dari provider yang kita pilih.
Perhitungan pulsanya berdasarkan volume base yaitu Rp.2,- per Kb. Kecepatan (speed)nya tergantung dari merek hp/modem yang dipakai.
Karena harga modem 3G cukup lumayan antara 1,5 jt hingga 3 jt maka saya putuskan untuk memakai modem dari hp Jadul yang saya miliki yaitu Nokia 6670 ! (cuma bisa GPRS)
Bagi yang sudah memiliki hp yang mendukung 3.5G atau 3G tentu akan lebih baik. Tak perlu membeli modem 3G atau 3.5G cukup gunakan fasilitas yang ada pada hp melalui Bluetooth modem.

Dengan GPRS kecepatan aksesnya lumayan, jika pake kabel data (DKU) dapat mencapai > 380 Kbs dan jika pake fasilitas Bluetooth modem > 64 - 115 Kbs lumayan cepat untuk sekedar browsing. Bandingkan dengan telkomnet instant saat ini yang kecpatanya cenderung menurun antara 20 Kbs sampai 45 Kbs lelet kaya keong dan PULSANYA MAHAL !
Kekurangannya pakai fasilitas GPRS jika trafficnya padat (pada base station) banyak orang lagi menelpon, maka jaringan internet diputus ! kita rugi karena download yang belum selesai dah harus dibayar sesuai jumlah volumenya.
Keuntungannya kalau lagi internetan lalu ketiduran atau terpesona membaca cerita porno yang mengasikan, atau menulis gosip yang bikin heboh sedangkan modem masih terkoneksi pada jaringan kita gak perlu bayar karena tidak ada aktifitas ! (berhenti pada apa yang kita brows terakhir).

Bagaimana memanfaatkan hp agar bisa untuk koneksi internet dengan PC atau Laptop ?

1. Aktifkan fasilitas GPRS / MMS hp.
2. kemudian Installasi driver perangkat / modem pada PC atau Laptop.
3. Installasi media kabel ( jika dibutuhkan).
4. Konfigurasi perangkat / modem dengan
6. Buka control panel
7. Add phone and modem options
8. Centang don't detect my modem pilih sesuai dengan merk modem (misalnya Windcom ---> bluetooth modem)
9. Kembali ke modem option klik propertis
10. Diagnostics modem (hidupkan fasilitas bluetooth pada hp) ---> (querying) sampai berhasil, jika sudah berhasil maka,
12. klik advance isi extra setting misalnya pake indosat : AT + CGDCONT=1,"IP","indosatgprs"Â tekan OK
untuk seting configurasi IP pada setiap operator sama, yang membedakan nama operatornya; misalnya XL maka "xlgprs",telkomsel, "tselgprs" dll.
11. Konfigurasi dialer ---> klik menu start ---> connect to... (make new connection) pilih koneksi dengan bluetooth modem yang telah kita querying tadi, kemudian tuliskan :
isp name: indosatGPRS atau sesuai keinginan kita.
phone number: *99***1# (setiap operator memiliki nomor sama yang membedakan seting pada alamat IP dan passwordsnya)
pastword: indosat ----> next---->finish
13.Troubleshoot dan Check error ( querying tidak berhasil, umumnya di setingan connection port/dial up ---> konfigurasi ulang lewat software bluetoothnya ---> buka setup wizard ---> pilih I know service I want to uses this device ---> pilih hp yang sudah terkoneksi (lihat box jika banyak pilihan model hp) ---> pilih dialup connection ---> configure ----> finish ----> kembali ke modem option querying ulang) lakukan langkah 12.

Gak bisa ngaktifkan GPRS ? kalau ada waktu dateng ke masing2 CS (sesuai kartu yang dipake) trus suruh nyetingin GPRSnya di hp.
atau bisa juga kirim sms sesuai dengan kartu (ini yang lebih mudah gak perlu jalan2 ke CS)
Contoh :
untuk indosat misalnya ketik gprs spasi merk hp spasi type hp kirim ke 3000Â ---> gprs Nokia 6670 lalu kirim ke 3000
bisa juga buka situsnya di masing2 provider disitu akan di kasih tau caranya.

Lain lagi jika punya uang buanyak tentu gak mau repot, tinggal beli modem USB yang mendukung 3G, 3.5G, HSDPA dll, tinggal colok pada port USB beres. Tetapi bagi yang sudah memiliki hp dengan fasilitas tersebut diatas alangkah sayangnya sebab fasilitas yang ada tidak termanfaatkan dengan maksimal. Memang kita bisa internetan langsung dari hp tapi hasilnya sangat minimal.

Waspada pake modem 3G inetan kenceng tetapi nyedot pulsanya juga kenceng buanget lebih kenceng dari modemnya.....hehehe. coba buka YOUTUBE, putar film, baru berjalan 5 menit pulsa dah tersedot 13.000 rb.....mungkin menurut provider mau enak ya bayar lebih.....

Untuk menyiasatinya jangan gampang klik sana sini karena merasa cepet ! (secara gak disadari) hal ini akan menambah volume yang harus dibayar !
jika mau pake 3G kalau bisa rencanakan situs apa yang paling penting untuk di buka. (pake skala prioritas, kecuali duwitnya buanyak dan gak bisa abis)

Saran: Jika ingin beli USB Modem jangan beli di CS sesuai dengan kartu yg kita miliki karena modem tersebut sudah di kunci (lock) agar tidak bisa pindah ke lain provider (ganti2 kartu). Belilah di toko yg jual modem dan pilih yang tidak di lock ! jadi kita bisa ganti2 kartu sesuai keinginan tentu yang biayanya paling murah dan punya jangkauan luas..........:)

Bagi pemilik hp yang memiliki fasiltas cukup lengkap tetapi PC/Laptop tidak ada fasiltas bluetoothnya gak perlu pusing, sekarang ini perangkat bluetooth cukup murah harganya (tergantung dari merk)Â berkisar Rp.40 rb - Rp 100 rb. sudah cukup memadai.
(saya memakai bluetooth merk Winddcom) harganya Rp.40 rb) sudah bisa terbang mengelilingi dunia maya.

Bagaimana... mencegah agar file yang ada pada PC/ Laptop kita tidak terlihat atau dicuri oleh hacker sewaktu terhubung di jaringan internet atau disisipi malware (jenis program yang merusak atau memata matai aktifitas kita jika sedang brows dengan menuliskan script !)
Berminat, bro ?
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

isi comment tentang blog ini

 
Blognya Zein © Copyright 2012. All Rights Reserved.
Created by: George Robinson.
Proudly powered by Blogger.
imagem-logoBack to TOP